Minggu, 31 Januari 2010

Asyik Tetapi Merusak Tubuh

Banyak orang senang merokok. Padahal merokok sangat merusak kesehatan tubuh TERMASUK SAYA SENDIRI juga perokok he..he..he... Rokok mengandung zat racun yang dinamakan nikotin. Jika nikotin telah masuk ke tubuh, banyak akibat buruk yang di timbulkannya: pembuluh darah menyempit, selaput bibir dan langit-langit rusak, saluran pernapasan menyempit, dan kantung udara di paru-paru rusak. Bagi wanita, selain gangguan-gangguan di atas, juga akan menyebabkan gangguan menstruasi dan kemandulan.

Merokok banyak merenggut korban jiwa. Di perancis, tidak kurang dari 20.000 jiwa melayang setiap tahun akibat rokok. Di Amerika Serikat, tidak kurang dari 70.000 jiwa melayang setiap tahun akibat rokok. Di London, tidak kurang dari 1.000 bayi meninggal setiap tahun akibat ibu-ibu mereka merokok sewaktu hamil. Masih banyak akibat buruk karena merokok. Asap rokok mengandung zat karbon monoksida. Zat itu dapat mengikat zat hemoglobin dalam darah. Jika konsentrasi hemoglobin dalan darah berkurang, jantung menjadi lemah.

Selain itu, asap rokok juga menimbulkan zat hitam yang dapat merusak paru-paru. Zat hitam itu di sebut TER. TER dapat merusak paru-paru. Jika dalam sehari orang menghabiskan sebungkus rokok, selama setahun dalam tubuh orang itu telah mengendap 10 ons ter. Akibatnya, paru-parunya menjadi sangat lemah sehingga mudah terserang kuman penyakit, terutama TBC. Inilah awal timbulnya penyakit kanker paru-paru yang sangat ganas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar