Rabu, 24 November 2010

Alexa Rank

Image and video hosting by TinyPic Tentang Alexa Rank dan Cara
Meningkatkannya
Aku yang tidak paham tentang
Alexa Traffic Rank ingin coba
ikut-ikutan menulis tentangnya.
Kenapa sich banyak blog yang
mengejar Alexa Traffic Rank?
Selain juga Google Page Rank?

Apakah itu Alexa Traffic Rank?

Traffic rank diupdate tiap 3
bulan sekali dengan melihat
perkembangan data trafik,
bobot dari page view dan user
(reach). Jadi saya bisa bilang
tidak benar bila ada yang bilang
traffic rank diupdate tiap
seminggu sekali atau kurang
dari itu.
Untuk Traffic rank pada web,
dihitung pada level domainnya.
Semisal www.msn.com,
carpoint.msn.com dan
slate.msn.com, karena
mempunyai satu domain
msn.com. ternyata beda dengan
blog atau homepage pribadi,
diukur lewat alamat URL nya.
Reach adalah hitungan jumlah
user. Reach dalam Alexa traffic
rank berwujud persentase.
Sebagai contoh, yahoo.com
mempunyai reach 28%, artinya
seluruh pengguna internet yang
diukur dalam Alexa, 28% nya
mengunjungi yahoo.com.
Perubahan pada tiga bulan
ditentukan dengan
pembandingan hasil nilai yang
didapat pada tiga bulan
sebelumnya.

Page View

adalah ukuran
jumlah pengunjung site. Page
view beberapa kali ke satu
halaman pada satu hari oleh user
yang sama dihitung satu saja.
Jadi angka yang digunakan
adalah jumlah rata-rata
kunjungan user per user per
hari.
Dari sini terlihat Alexa traffic
rank bisa dikatakan tidak
mungkin turun, jadi akan terus
naik atau tetap. Cuma masalah
waktu. Karena perhitungannya
penambahan terus terhadap
page user dan view. Beda
dengan Page Rank yang bisa
naik bisa turun. Itu kata Bayu
Mukti.
Kenapa mengejar Alexa Traffic
Rank?
Nilai Traffic Rank dan Page Rank
biasa digunakan untuk
monetisasi blog, cari uang lewat
iklan dan sejenisnya. Sebagai
contoh program afiliasi
RevewMe, Text Link Ads dan
Sponsored Reviews
mensyaratkan nilai Alexa Rank
ini.


Ada kasus menarik saat saya
iseng-iseng browsing di Google,
saya menemukan sebuah blog
punyanya seorang TKW di HK,
namanya Sekar, saya lihat di
Alexa toolbar, dia memiliki Alexa
traffic rank yang tinggi banget,
lebih tinggi dari punyanya Bayu
Mukti atau Joko Susilo atau Joko
Supriyanto, atau mungkin juga
Fatih Suhud. Padahal itu hanya
blog sederhana banget yang
mungkin tidak pernah peduli
dan paham apa itu Alexa dan
Page Rank. Saya yakin ia juga
tidak pernah mencoba berbagai
cara untuk meningkatkan Alexa
Rank dengan sengaja. Tanpa
sibuk tukeran link, tanpa hingar
bingar ratusan komentar di
setiap postingan. Karena
biasanya orang ngasih komentar
di blog besar karena bertujuan
bisa ikut-ikutan kecipratan cepat
besar, biar Page Ranknya
meningkat, biar Alexa Ranknya
meningkat, ya kan? Ngaku aja!
Makanya blog yang terkenal
apapun postingannya
komentarnya pasti banyak
banget. Mau tahu berapa nilai
Alexa Sekar saat ini? 162!!!
Apakah Alexa salah? Saya rasa
tidak karena di Google search
pun nilai ranknya hampir
sempurna. Dan saya punya
jawabannya. Setelah saya buka
Alexa, saya analisa, ternyata
Alexa mengenali blog tersebut
hanya pada domainnya yaitu
multiply.com, jadi Alexa
mengukur blog Sekar hanya
lewat nilai domain multiply.com.

Kalau gitu ya pantaslah, tidak
jadi kaget.
Jadi saya sendiri juga
sebenarnya tidak begitu
antusias untuk meningkatkan
Alexa Rank karena suatu saat
pastilah nilainya meningkat.


Sumber : Alexa.com