Minggu, 31 Januari 2010

Bakteri

Sebagian ahli biologi menggolongkannya ke dalam kelompok hewan dan sebagian yang lain menggolongkannya ke dalam kelompok tumbuhan. Bakteri merupakan makhluk hidup bersel satu. Jadi, ukurannya sangat kecil, panjangnya kira-kira 0,0001 mm (seper sepuluh ribu milimeter). Sebagian besar bakteri berkembang biak dengan cara membelah diri.

Perkembangbiakan bakteri berlangsung sangat cepat karena hampir setiap seperempat jam terjadi pembelahan. Bakteri terdapat di mana-mana, di udara, di air, dan di dalam tanah. Bahkan, beberapa meter di bawah dasar laut pun banyak terdapat bakteri. Beberapa jenis bakteri sangat merugikan manusia. Hal itu karena bakteri-bakteri itu dapat menyebabkan penyakit TBC, tetanus, kolera, lepra, dan infeksi luka.

Selain itu, bakteri juga mengasamkan susu, merusak mentega, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Akan tetapi, ada juga bakteri yang bermanfaat. Bakteri jenis ini menguraikan hewan dan tumbuhan yang telah mati. Mereka memecah karbohidrat, protein, dan zat organik lainnya menjadi zat-zat yang sederhana. Zat-zat yang lebih sederha itu di perlukan tumbuhan hijau dalam pembuatan makanan. Selain itu, bakteri juga membantu proses pencernaan makanan pada hewan dan manusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar